7 Tips Design Taman Rumah Estetik dan Kekinian

Published On: May 17th, 2024|0 Comments|

Ingin memiliki taman di rumah, tapi terbatas ketersediaan lahan? Kalau begitu, Anda bisa simak dulu tips design taman rumah yang estetik untuk hunian minimalis.

Punya rumah minimalis bukan alasan untuk tidak memiliki ruang hijau. Anda hanya perlu perencanaan yang tepat dan menambahkan sedikit kreativitas untuk menghadirkan taman cantik.

Mari simak tips untuk merancang taman minimalis berikut.

Tips Design Taman Rumah 

Kehadiran taman mampu memberikan nuansa lebih sejuk dan nyaman pada hunian. Apalagi jika taman memiliki tampilan unik sehingga mampu meningkatkan nilai estetika rumah. Berikut beberapa tips untuk merancang taman rumah kekinian:

1. Tentukan Ukuran Taman

Langkah pertama dalam merancang taman yaitu menentukan ukuran lahan yang tersedia. 

Pastikan Anda menghitung dengan cermat luas lahan yang akan dijadikan taman. Pasalnya, ukuran akan berpengaruh pada kebutuhan material, tanaman, dan berbagai ornamen taman.

Ukuran lahan juga menjadi pertimbangan penting dalam menentukan bentuk dasar taman. Sebagai contoh, untuk lahan yang cukup luas, Anda bisa membuat taman dengan bentuk kombinasi beberapa persegi. 

Sedangkan untuk lahan terbatas, sebaiknya pilih satu bentuk minimalis. Jika ingin menambahkan lebih banyak tanaman, maka bisa menambahkan pot gantung atau area vertikal lain.

2. Tentukan Tema dan Konsep Taman

Selanjutnya, Anda perlu menentukan terlebih dahulu tema dan konsep untuk taman rumah. Dengan demikian, taman yang Anda buat nantinya memiliki karakter yang jelas dan dapat menampilkan kesan yang sesuai.

Ada banyak tema dan konsep taman yang bisa Anda pertimbangkan. Mulai dari taman tropis, taman ala Jepang, atau taman dengan konsep modern.

Anda bisa memilih tema sesuai selera atau menyesuaikan konsep hunian. Bisa juga memilih konsep taman berdasarkan kepribadian. Misalnya, Anda menginginkan ruang hijau yang sekaligus bisa sebagai tempat berkumpul keluarga dan bermain anak-anak. 

Maka, Anda bisa memilih taman berkonsep modern dengan banyak ruang terbuka. Anda juga bisa menambahkan kursi, tempat barbekyu, dan mainan seperti ayunan.

Untuk rumah minimalis, pastikan Anda tidak menggunakan pola taman yang terlalu rumit karena bisa membuat taman terkesan penuh sesak.

Anda bisa melihat-lihat referensi taman rumah untuk mencari inspirasi konsep taman yang paling pas untuk hunian keluarga.

3. Pilih Material dan Furniture yang Sesuai

Tahap berikutnya adalah memilih material dan furniture taman. Proses pemilihan ini perlu memperhatikan kesesuaian dengan konsep taman yang sudah Anda tentukan sebelumya.

Sebagai contoh, untuk taman bertema Jepang, maka Anda bisa menambahkan kolam kecil dengan pancuran bambu tradisional khas Negeri Sakura. 

Sementara itu, untuk taman berkonsep modern sebaiknya memilih material minimalis yang elegan, seperti batu alam. Anda juga bisa menambahkan furniture dengan desain yang sederhana.

4. Perhatikan Jenis dan Jumlah Tanaman

Tips design taman rumah selanjutnya yaitu memilih jenis tanaman yang tepat. Artinya, Anda harus konsisten dengan konsep taman. 

Jangan sampai asal membeli tanaman hias yang cantik, lalu menempatkan semua dalam taman. Tindakan tersebut justru bisa membuat konsep dan tema taman gagal ditampilkan.

Contohnya, untuk taman bertema Jepang bisa berisikan koleksi bonsai unik. Sedangkan untuk taman minimalis, lebih cocok memilih tanaman yang perawatannya mudah, misalnya tanaman bambu.

Sementara itu, pohon kelapa sawit mini dan jenis palem bisa menjadi pilihan ideal untuk taman tropis.

5. Tambahkan Elemen Dekoratif

Supaya taman tampil lebih estetik, Anda bisa menambahkan elemen dekoratif untuk memberikan aksen tertentu.

Pemilihan elemen dekoratif idealnya tetap menyesuaikan konsep dan memperhatikan ukuran taman. Elemen dekoratif bisa berupa kolam, air mancur, dan patung.

Apabila taman rumah Anda cukup luas, maka bisa menambahkan kolam ikan sederhana untuk menghadirkan suasana alami. Jika kurang memadai untuk kolam ikan besar, Anda bisa membuat kolam berukuran mini dengan air terjun kecil.

Sementara itu, penambahan batu kerikil dan tanaman dalam pot bisa jadi opsi yang lebih tepat untuk taman berkonsep kering.

Anda bisa melihat-lihat referensi taman rumah estetik untuk menentukan elemen dekorasi yang sesuai dengan konsep taman Anda.

6. Perhatikan Pencahayaan Taman

Pencahayaan berpengaruh signifikan terhadap kesan taman. Lebih lanjut lagi, pengaturan pencahayaan bisa memberikan efek visual pada taman. Alhasil, taman rumah Anda tetap tampil estetik saat malam.

Maka dari itu, Anda perlu mempertimbangkan baik-baik sebelum menambahkan lampu. Pilih jenis lampu yang sesuai untuk taman Anda. Kemudian, pertimbangkan juga penempatannya.

Sebagai contoh, untuk taman minimalis, pencahayaan dengan satu lampu taman bisa jadi sudah mencukupi. Namun, Anda sebaiknya memilih lampu dengan desain yang sesuai konsep taman. 

Sementara itu, untuk taman yang cukup luas Anda bisa memerlukan lebih banyak lampu. Misalnya dengan memasang lampu taman sepanjang tepi jalan setapak.

7. Lakukan Perawatan Taman Secara Rutin


Setelah taman rumah jadi, Anda masih harus memastikan taman terpelihara dengan baik. Caranya yaitu dengan melakukan perawatan secara rutin, meliputi menyirami tanaman, membersihkan taman, dan memberikan pupuk.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan pemangkasan tanaman secara berkala untuk memastikan tampilan taman selalu terjaga. 

Anda juga perlu memastikan taman bebas dari gangguan rumput liar dan lumut. Caranya mudah saja, yaitu dengan rutin membersihkan rumput liar dan rumput.

Mau solusi yang lebih mudah? Maka Anda bisa menggunakan Racoon Spray Anti Rumput Liar dan Lumut.

Produk inovatif ini mampu membasmi rumput liar dan lumut dengan cepat. Cukup semprotkan pada rumput, lumut, dan berbagai gulma yang mengganggu. Lalu tunggu 2-3 hari, dan ulangi penyemprotan untuk pembasmian hingga ke akar.

Menariknya lagi, produk ini memiliki formula rain resistance sehingga tetap bekerja efektif meskipun terkena guyuran hujan.

Itulah beberapa tips design taman rumah yang estetik. Penampilan taman rumah sangat bergantung pada perawatan yang baik dan rutin.