7 Jenis-Jenis Kayu yang Estetik untuk Dekorasi Rumah

Published On: May 17th, 2024|0 Comments|

Sekarang ini material kayu banyak dipilih untuk menghidupkan dekorasi rumah agar terlihat lebih alami. Namun, dalam pemilihan jenis-jenis kayu tidak bisa dilakukan sembarangan.

Pasalnya, berbeda dalam memilih bisa jadi karakteristik dan penampilannya tidak akan sama. Apalagi masing-masing kayu punya cara perawatan yang berbeda.

Agar Anda bisa mengenal lebih jauh mengenai jenis kayu untuk furniture rumah yang cantik. Kami akan membahas lengkap informasi berikut pada artikel di bawah ini.

Jenis-Jenis Kayu Estetik untuk Dekorasi

Berikut beberapa jenis kayu yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik dekorasi rumah, antara lain:

1. Kayu Cendana

Pertama, ada jenis kayu yang sangat harum dari Nusa Tenggara Timur yaitu Cendana. Pohon cendana ini bisa Anda temukan di beberapa daerah seperti Maluku, Jawa Timur, Bali, Sulawesi, Flores, dan juga Sumba.

Aroma harum yang diberikan oleh kayu cendana dipengaruhi oleh kandungan santanol di bagian batang dan juga akar. Biasanya senyawa ini banyak ahli farmasi manfaatkan sebagai bahan baku kosmetik atau kesehatan.

Selain itu, kayu cendana juga bisa menjadi bahan baku furniture yang sangat cantik. Utamanya di bagian ukiran mebel.

2. Jati

Siapa yang tidak mengenal kayu jati? Kayu ini sangat terkenal di daerah Jawa dan Kalimantan karena kekokohannya. Tidak heran kalau kayu jati menjadi bahan andalan dalam industri mebel untuk dekorasi.

Bisa Anda bilang kalau kayu jati ini merupakan bahan kayu premium. Hal ini yang membuat harga jati seiring bertambahnya tahun semakin fantastis sekali. Bahkan, usianya bisa mencapai puluhan tahun.

Keawetan yang dimilikinya sendiri pun alami. Sehingga dari segi pewarnaan, kayu jati kurang cocok jika Anda kombinasikan dengan warna cerah.

Dengan kealamiannya, lebih baik tambahkan pengkilap saja untuk membuat warnanya lebih menyala. Jenis kayu satu ini cocok sekali untuk dekorasi ruang tamu seperti hiasan dinding dengan ukiran batik kuno.

3. Mahoni

Berikutnya adalah jenis kayu yang juga tidak asing di industri mebel. Mahoni menjadi salah satu kayu terkenal di Jepara yang bahkan sering di ekspor ke luar negeri seperti negara-negara Eropa.

Meskipun dari segi kekokohannya tidak mampu mengalahkan jati, tetapi kayu mahoni terkenal dengan seratnya yang lembut. Bahkan, untuk industri mebel yang ingin membuat ukiran pada furniturnya pun lebih mudah dan cepat.

Nggak heran dari kayu mahoni sering tercipta desain dekorasi yang cantik untuk pajangan di rumah atau hiasan di meja dan kayu.

4. Kayu Mindi

Selain jati dan juga mahoni, Jepara juga masih memiliki kayu yang cocok untuk mebel yaitu Mindi. Karakteristik dari kayu ini cukup keras, meskipun tidak sekeras kayu mahoni dan jati.

Meskipun memiliki guratan serat yang cantik, kayu mindi terkenal rentan pecah. Oleh karena itu, pemakaiannya harus benar-benar dalam kondisi kering.

Namun, jika Anda ingin memiliki kayu yang kuat dan kokoh lebih baik tambahkan lapisan anti hama. Dengan begitu tingkat kerusakannya semakin rendah.

5. Kayu Sungkai

Selanjutnya terdapat jenis kayu dengan warna terang daripada pohon lainnya yaitu kayu sungkai.

Permukaan dari sungkai sendiri cukup kesat. Body-nya memang tidak sehalus jati, sehingga Anda perlu mengampelasnya terlebih dahulu sebelum memakainya.

Jika Anda ingin mencari dekorasi rumah dengan warna natural, maka jenis kayu sungkai bisa jadi pertimbangan yang baik. Mengingat furniture satu ini lebih cocok menggunakan warna natural dibandingkan solid.

Tidak banyak orang tahu, tetapi kayu sungkai ini sudah sering dijadikan bahan untuk pembuatan pintu, jendela, hingga rangka atap rumah.

6. Kayu Trembesi

Jenis-jenis kayu lainnya bisa Anda temukan dari trembesi yang memiliki guratan cantik. Meskipun terterjang oleh cuaca ekstrem, pohon trembesi tetap saja kuat menghadangnya.

Namun, kekuatan ini tidak berlanjut setelah diubah menjadi kayu. Sedikit ringkih dan mudah rusak. Oleh karena itu, kayu ini banyak dimanfaatkan sebagai tempat peneduh di jalanan.

Biasanya trembesi dimanfaatkan untuk membuat furniture yang mendukung kekuatan produk, seperti membuat meja solid.

7. Kayu Gaharu

Terakhir, Anda bisa menemukan kayu termahal di dunia yaitu Gaharu. Bahan dari kayu ini sangat bermanfaat untuk pembuatan konstruksi utama karena ketahanannya yang sangat kuat.

Tidak hanya itu saja, Gaharu juga memiliki resin yang sering perusahaan manfaatkan untuk kebutuhan parfum atau kosmetik.

Jadi dari segi pemakaian, kayu gaharu ini cocok untuk dekorasi rumah yang estetik seperti pintu ukiran yang cantik khas adat Jawa.

Atasi Jamur Kayu dari RACOON Anti Mold & Algae Spray

Memiliki furniture cantik untuk dekorasi rumah dengan bahan utama kayu? Jangan biarkan begitu saja atau akan cepat rusak dan berjamur. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan produk dari RACOON Anti Mold & Algae Spray.

Dalam sekali semprot, RACOON akan membantu Anda untuk menghilangkan jamur dan lumut yang ada pada permukaan benda.

Selain itu, RACOON juga melengkapi produknya dengan Shield + Formula untuk menjaga permukaan kayu dari serangan jamur dan lumut.

Menggunakan produk RACOON Anti Mold & Algae Spray tidak akan rugi karena alat ini sudah meliputi dual action untuk menghilangkan dan melindungi, preserve untuk menjaga kualitas kayu dan permukaan seperti lemari, plafon, dan juga dinding.

Produk ini sangat efektif dengan garansi pemakaian selama 5 tahun. Usir jamur dan lumut dari perabot kesayangan Anda hanya dengan RACOON.

Cara pemakaiannya sendiri pun sangat mudah sekali. Cukup semprot dengan jumlah banyak, yang penting hasilnya nyata dan tidak berjamur kembali. Bersihkan seluruh area yang terkena lumut dan juga berjamur.

Setelah Anda membuktikannya sendiri, lakukan perlindungan ekstra dengan menyemprotkan produknya sekali lagi. Pasalnya, penyemprotan ulang bisa mencegah timbulnya jamur pada kayu.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba menggunakan produk dari RACOON? Kini, setelah mengenal apa saja jenis-jenis kayu yang ada di Indonesia dan sudah menjadi furniture cantik.

Pastinya Anda ingin merawat dengan baik, kan? Salah satunya dengan menggunakan produk dari RACOON. Yuk beli sekarang juga dan lihat hasilnya yang memuaskan.