5 Ras Anjing Paling Langka di Dunia

Published On: May 17th, 2024|0 Comments|

Ras anjing menawarkan keragaman yang luar biasa dengan berbagai ukuran, warna, dan karakteristik yang membedakan satu ras dari yang lain. Lalu, manakah ras anjing paling langka?

Ada beberapa faktor yang dapat membuat ras anjing menjadi langka. Misalnya seperti sejarahnya, populasi saat ini, dan popularitasnya di kalangan pecinta anjing. Beberapa ras anjing juga langka karena sifatnya yang unik.

Ras Anjing Paling Langka di Dunia

Keberadaan anjing populer sebagai hewan peliharaan. Namun, ada sejumlah ras anjing yang sudah langka, hanya ditemukan di tempat tertentu saja. Berikut ini top 5 ras anjing terlangka.

1. Norwegian Lundehund

Norwegian Lundehund diakui sebagai salah satu ras anjing langka karena karakteristik uniknya yang tidak dimiliki oleh ras lain. Berasal dari pulau di lepas pantai Norwegia, anjing berbulu merah ini biasanya berburu burung Puffin di tebing-tebing pantai.

Karena lingkungan berburu yang tidak biasa, Norwegian Lundehund yang lincah berevolusi untuk mengembangkan kemampuan mendaki tebing-tebing berbatu.

Terdapat enam jari pada setiap kaki depan, telinga dan leher yang begitu fleksibel sehingga dapat membungkuk ke belakang menyentuh tulang belakang.

Spesies yang terancam punah ini hampir punah selama Perang Dunia II. Akan tetapi, Lundehund berhasil pulih dan untungnya masih bertahan meskipun dalam jumlah kecil hingga hari ini.

2. Lagotto Romagnolo

Sering disangka sebagai anjing campuran poodle, Lagotto Romagnolo berbulu keriting sebenarnya adalah retriever air tertua di dunia.

Asalnya dari daerah Italia Romagna pada zaman abad pertengahan. Ras anjing langka ini berfungsi sebagai anjing pekerja untuk mengambil bebek dari lahan rawa.

Dengan penutup bulu, tahan air, tubuh yang berotot, dan indra penciuman yang tajam, tidak heran ras ini membantu eksplorasi berburu bebek selama berabad-abad.

Namun, anjing yang cekatan ini telah mengubah fungsinya untuk mencari truffle dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang Lagotto Romagnolo menjadi satu-satunya ras anjing yang diakui untuk pekerjaan tersebut.

Sifatnya yang playful dan mudah dilatih membuat Lagotto senang menghabiskan waktu bersama pemiliknya dan pergi berpetualang.

Namun, karakter anjing ini merupakan cerminan ekspedisi yang energik, siap untuk mencari harta karun atau bermain air di setiap genangan yang ia temui.

3. Azawakh

Azawakh merupakan anjing setia dan penuh semangat dalam melindungi manusia. Ras anjing ini dianggap sebagai sight hound yang paling langka, yakni jenis anjing pemburu yang menemukan mangsa menggunakan penglihatan daripada penciuman.

Ras yang elegan dan berkaki panjang ini berada di wilayah Afrika. Ia mendapat pelatihan untuk menjaga tenda-tenda nomaden dalam kondisi gurun.

Azawakh memiliki karakter independen dan bisa sangat pemalu di sekitar orang asing. Namun, di hadapan pemilik yang perhatian, ras ini dapat menjadi teman yang menghibur.

4. Otterhound

Macam-macam ras anjing yang akan punah selanjutnya yaitu Otterhound. Otterhound adalah ras anjing asli Inggris yang langka. Anjing ini memiliki jubah rambut yang mengagumkan dan sifat yang menghibur.

Otterhound dibesarkan untuk melindungi industri perikanan dari berang-berang nakal. Namun, setelah berburu berang-berang dilarang di Inggris, ras khususnya hampir menghilang dan sekarang dianggap sebagai ras yang rentan.

Ras yang ramah ini menunjukkan sikap tekun, terutama ketika memikirkan hadiah lezat. Karena sifatnya yang sensitif dan tenang, Otterhound akan menjadi teman yang menyenangkan untuk pemilik yang juga suka menjelajahi pemandangan.

5. Thai Ridgeback

Anjing Thai Ridgeback langka karena ciri fisiknya yang unik. Terdapat garis rambut yang tumbuh ke arah yang berlawanan dari bulunya.

Penamaan anjing Thai Ridgeback berasal dari garis rambut yang khas yang berjalan di sepanjang tulang belakangnya, berlawanan arah dengan bulu lainnya.

Kelangkaan ras ini juga lantaran asalnya yaitu dari pulau-pulau terpencil di Thailand Timur, daerah dengan transportasi yang sulit dan kesempatan pembiakan terbatas.

Tips Merawat Anjing

Setelah mengetahui bahwa terdapat ras anjing paling langka yang perlu perlindungan, sudah semestinya Anda merawat hewan peliharaan dengan baik. Berikut ini beberapa tips dasar untuk merawat anjing sebagai hewan peliharaan.

1. Pantau Konsumsi Makanan

Lebih dari sepertiga (34%) anjing mengalami obesitas. Anjing yang kelebihan berat badan rentan terhadap banyak risiko kesehatan seperti kelainan metabolik, penyakit kardiovaskular, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Itulah sebabnya Anda perlu memperhatikan jumlah konsumsi makanan hewan peliharaan Anda.

2. Memotong Kuku Anjing

Memotong kuku juga merupakan salah satu kewajiban Anda. Mengabaikan untuk memotong kuku anjing dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti tendon terluka dan kaki yang cacat.

3. Merawat Anjing secara Teratur

Merawat hewan peliharaan Anda secara teratur memastikan mereka bersih dan bebas parasit. Beberapa anjing hanya perlu mandi setiap beberapa bulan sekali sedangkan yang lain membutuhkan perawatan rutin.

4. Sikat Gigi Anjing

Meskipun sering diabaikan, perawatan gigi penting untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan. Menerapkan trick mudah cara bersihkan gigi anjing dapat membantu mencegah penyakit gigi yang mempengaruhi fungsi ginjal dan hati anjing.

Melakukan perawatan fisik penting untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan Anda. Untuk itu, rutinlah memakai RACOON Tear Stain Remover dan RACOON Pet Dental Finger Wipes.

RACOON Tear Stain Remover merupakan solusi untuk menghilangkan belek / noda air mata dengan mudah.

RACOON Tear Stain Remover memiliki formula yang lembut dan tidak mengandung bahan berbahaya. Jadi, aman untuk hewan peliharaan tanpa menyebabkan iritasi.

RACOON Tear Stain Remover mengandung ekstrak alami dari madu dan lidah buaya. Manfaatnya tidak hanya membersihkan, tetapi juga merawat dan menjaga kesehatan area sekitar mata anjing.

Selanjutnya, RACOON Pet Dental Finger Wipes merupakan perawatan untuk membersihkan mulut hewan peliharaan Anda. Formulanya efektif mengangkat sisa-sisa makanan di gigi dan gusi anjing sehingga mencegah pembentukan plak.

Demikian pembahasan mengenai ras anjing paling langka sekaligus tips merawat anjing sebagai hewan peliharaan. Pastikan Anda menjaga kesehatan hewan peliharaan ya!