Macam dan Jenis Model Sepatu, Kamu Suka yang Mana?

Published On: January 26th, 2024|0 Comments|

Seiring berkembangnya fashion, jenis-jenis model sepatu yang ada juga makin banyak.

Bahkan untuk wanita saja, terdapat lebih dari 30 jenis model sepatu. Jumlah jenis model sepatu pria juga hampir sama banyaknya. Jadi, Anda bisa leluasa memilih model sepatu menyesuaikan gaya dan jenis kegiatan.

Jenis-Jenis Model Sepatu

Bukan lagi sekadar alas kaki, sepatu kini termasuk item fashion wajib untuk melengkapi penampilan. Dengan banyaknya jenis model sepatu yang tersedia, tidak jarang kita justru bingung saat memilih.

Untuk membantu memilih sepatu yang tepat, mari kenali berbagai jenis model sepatu berikut:

1. Loafer

Sepatu jenis loafer dapat digunakan oleh pria maupun wanita. Ciri utama sepatu ini yaitu bagian tumit yang lebar. Model sepatu loafer cocok untuk keperluan kasual maupun formal, mulai dari main, kuliah, dan ke kantor.

Cara penggunaan secara slip on, menjadikan loafer sebagai pilihan tepat bagi Anda yang lebih suka sepatu praktis.

2. Ankle Boots

Sebutan ankle boots merujuk pada panjang sepatu yang mencapai mata kaki. Model sepatu ini banyak digandrungi oleh wanita karena memberikan kesan tegas sekaligus elegan.

Biasanya ankle boots menggunakan bahan kulit yang terlihat mengkilat dan sol tebal sekitar 1-2 cm. Sepatu dengan tampilan trendy ini sudah populer sejak tahun 1960-an.

3. Sneakers

Awalnya pemakaian jenis sepatu ini hanya saat olahraga. Namun, kini sneakers menjadi pilihan sepatu untuk berbagai kegiatan kasual.

Sepatu sneakers terdiri dari beberapa jenis, seperti trainer dan gumshoes. Selain itu, model dan warnanya juga bervariasi antara sneakers pria dan wanita. Biasanya, sneakers wanita punya variasi warna yang lebih lembut dan feminim.

4. Wedges

Wedges memiliki sol yang rata dan tebal, sehingga dapat membuat pemakai tampil lebih tinggi tanpa merasa kelelahan. Jenis sepatu ini juga dapat membuat kaki terkesan lebih jenjang.

Sepatu wedges merupakan jenis khusus wanita. Ada berbagai model cantik dari jenis sepatu wedges.

5. Dorsay

Berbicara jenis-jenis model sepatu tentunya tidak bisa melewatkan dorsay yang terkenal sebagai sepatu wanita paling stylish.

Bentuk bagian depan sepatu ini seperti pump, sementara bagian belakang menggunakan heels yang sangat kecil. Bagian tengah yang terbuka dari dorsay mampu menunjukkan lengkung tapak kaki dengan apik.

6. Oxford Shoes

Oxford shoes memiliki tampilan mengkilap karena terbuat dari kulit. Cirinya yaitu adanya tali formal yang ramping dengan gaya tertutup.

Karakteristik dari jenis sepatu ini hampir mirip derby shoes. Bedanya, bagian ujung depan oxford shoes lebih lancip. Sepatu ini dikenal sebagai jenis sepatu yang paling formal.

7. Derby Shoes

Sepatu ini termasuk jenis formal, tapi bisa juga dikenakan untuk acara kasual. Biasanya, derby shoes terbuat dari bahan kulit. Sepatu ini memiliki ciri khusus berupa penggunaan tali sebagai pengunci kaki.

Bagian ujung sepatu jenis derby shoes bentuknya agak membulat. Penggunaan sepatu ini memberikan kesan maskulin, sehingga lebih populer untuk pria.

8. Kitten Heels

Kitten heels merupakan jenis sepatu wanita yang memberikan kesan formal dan berkelas. Sepatu ini memiliki heels berukuran mini dan pendek, sekitar 3 cm saja.

Sepatu kitten heel hadir dalam berbagai model berbeda. Biasanya, wanita dengan tinggi melebihi rata-rata menyukai jenis sepatu ini karena tidak membuat tampilan makin tinggi.

9. Boat Shoes

Jenis sepatu yang satu ini sering menjadi pilihan untuk menemani berbagai kegiatan kasual. Boat shoes terinspirasi dari gaya pantai dan memiliki fungsi slip on yang memudahkan pemakaian.

Sepatu ini punya pola tapak yang unik sehingga sangat bagus dalam mencegah pemakai tergelincir. Sementara itu, bahannya biasanya berupa material kulit dan campuran minyak yang membuatnya bersifat tahan air.

10. Ballerina Flat

Sepatu ballerina flat merupakan jenis khusus wanita. Ciri utamanya yaitu bagian depan yang mirip dengan sepatu ballerina dan tapak yang datar.

Ballerina flat biasanya terbuat dari bahan kulit yang lembut atau satin. Sepatu ini memberikan tampilan yang rapi dan elegan, sehingga menjadi favorit banyak wanita untuk menghadiri berbagai acara.

Cara Atasi Sepatu Bau

Bau tidak sedap termasuk masalah umum yang dapat mengganggu kenyamanan pemakai sepatu dan orang di sekitarnya. Bau tersebut muncul akibat pertumbuhan kondisi lembab dan keringat yang membuat bakteri tumbuh dalam sepatu.

Untungnya, ada beberapa cara yang efektif untuk menghilangkan bau sepatu, meliputi:

1. Menjaga Kebersihan Kaki

Kaki yang berkeringat menjadi salah satu faktor utama penyebab munculnya bau tidak sedap. Kemungkinan munculnya bau lebih tinggi pada kaki yang sering berkeringat.

Nah, Anda dapat mencegahnya dengan cara menjaga kaki tetap bersih dan kering. Pastikan untuk mengeringkan kaki terlebih dahulu sebelum memakai sepatu.

2. Memilih Kaos Kaki yang Tepat

Selain menjaga kebersihan kaki, Anda juga perlu menggunakan kaos kaki yang bagus dalam menyerap keringat, seperti katun. Kaos kaki katun juga memungkinkan sirkulasi yang baik sehingga mencegah sepatu menjadi lembab.

Jika Anda termasuk orang yang banyak berkeringat, maka sebaiknya selalu menyediakan kaos kaki cadangan sebagai ganti.

3. Gunakan Spray Penghilang Bau

Cara hilangkan bau sepatu yang efektif dan praktis adalah menggunakan spray anti bau. Anda sebaiknya memilih produk spray yang ampuh membunuh kuman penyebab bau.

RACOON Shoes Deodorizer Spray bekerja efektif dalam membasmi kuman dan menyegarkan aroma sepatu. Formula dari spray ini juga dapat kering seketika. 

Kesimpulan

Itulah jenis-jenis model sepatu yang populer. Apa pun model sepatu favorit Anda, perawatan yang tepat menjadi kunci agar dapat tampil maksimal dan percaya diri.