Pelajari 5 Cara Basmi Kutu Busuk yang Mudah dan Cepat

Published On: December 6th, 2023|0 Comments|

Meski sudah menerapkan berbagai tips terbaik, terkadang kita masih tetap sulit menemukan cara basmi kutu busuk yang efektif. Saat kita mengira kutu tersebut sudah hilang, ternyata masih saja ada dan kembali berkembang setelah dibersihkan.

Kutu busuk sendiri merupakan jenis serangga kecil yang sering terdapat di tempat tidur. Mereka masuk ke dalam keluarga cimicidae dan dikenal sebagai cimex lectularius. Serangga ini juga merupakan parasit darah dengan manusia sebagai inangnya.

Itulah kenapa kutu busuk menyebabkan badan kita terasa gatal setelah bangun tidur. Anda pastinya tidak mau hal itu terjadi, bukan? Oleh karena itu, artikel ini akan membahas bagaimana cara basmi kutu kasur dengan mudah dan cepat!

Sekilas tentang Kutu Busuk

Kutu busuk atau bed bugs merupakan serangga berukuran kecil (sebesar biji apel) yang memiliki sayap datar di punggungnya. Hewan ini tidak melompat atau terbang, tetapi mampu merangkak dengan cepat dari tempat satu ke tempat lain.

Menurut Departemen Kesehatan Negara Bagian New York, kutu kasur bisa muncul di tempat tidur karena berasal dari daerah lain atau dari furniture bekas. Parasit ini bisa saja menumpang di benda-benda seperti tas, dompet, jaket, dan sebagainya.

Mereka bahkan bisa bergerak dari satu ruangan ke ruangan yang lain dalam satu gedung, hotel, atau apartemen. Sementara, tempat tidur atau lipatan kain yang lembut adalah tempat persembunyian yang paling mereka sukai.

Gigitan bed bugs pada dasarnya tidak berbahaya. Akan tetapi, akan sangat mengganggu karena bisa menyebabkan rasa gatal atau terbakar. Kemunculan bed bugs biasanya adalah pada malam hari dan bersembunyi pada siang hari. 

Perkembangan kutu busuk cukup cepat sehingga bisa menimbulkan persebaran yang akan mengganggu manusia. Itulah kenapa kita butuh cara basmi kutu busuk yang efektif agar benar-benar bisa menghentikan perkembangannya.

Cara Basmi Kutu Busuk yang Mudah dan Cepat

Kutu busuk atau kutu kasur adalah serangga kecil yang cukup cepat dalam perkembangannya sehingga kita tidak bisa berharap parasit ini akan hilang dengan sendirinya. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan kutu kasur dengan cepat:

1. Bersihkan Sprei dan Selimut Tempat Tidur

Seperti sudah kita jelaskan sebelumnya, kutu kasur seringkali bersembunyi di bagian lipatan kain seperti selimut, sprei, atau sarung bantal. Untuk memastikan tempat tidur Anda terbebas dari hewan ini, bersihkanlah benda-benda tersebut setiap hari.

Anda bisa memukul-mukul area tempat tidur dan menyapunya, menggoyang-goyangkan selimut dan bantal ke lantai, dan cara pembersihan lainnya. Dengan begitu, kutu yang mungkin masih menempel bisa jatuh pergi.

2. Mencuci Bedcover secara Berkala

Selain membersihkan sprei atau bedcover setiap hari, cara basmi kutu busuk juga bisa Anda lakukan dengan mencuci bedcover secara berkala. Tidak perlu terlalu sering, Anda bisa mencucinya 3 minggu atau 1 bulan sekali.

Kombinasi antara membersihkan bedcover setiap hari dan mencucinya secara berkala akan sangat mengurangi potensi kutu kasur berdiam dan bersembunyi di area tempat tidur Anda sehingga akan menjamin kebersihan dan kenyamanan saat tidur.

3. Jangan Bongkar Koper atau Tas di Tempat Tidur

Jika ada barang dari luar yang mungkin bisa membawa tungau atau kutu busuk ke tempat tidur, maka barang itu bisa jadi adalah koper. Pasalnya, koper sangat mungkin membawa tungau dari berbagai tempat yang kita kunjungi saat bepergian.

Jika Anda baru saja tiba dari luar kota atau suatu tempat dengan membawa koper, pastikan Anda membongkar koper tersebut di lantai yang jauh dari tempat tidur. Sisihkan juga pakaian kotor agar tidak membawa bed bugs ke dalam kamar.

4. Jemur Kasur di Tempat Panas

Selanjutnya, Anda bisa menjemur kasur jika terindikasi menjadi tempat persembunyian kutu busuk. Anda bisa menjemurnya pada saat siang hari atau saat matahari sedang berada tepat di atas kita, yaitu sekitar pukul 12 sampai dengan 14 siang.

Cara basmi kutu busuk dengan menjemur kasur di bawah terik matahari sudah terbukti ampuh dan banyak diterapkan sejak jaman dulu. Anda bisa menjemurnya sekitar satu jam bersama dengan bantal, guling, atau selimut.

5. Gunakan Racoon Bed Bugs Killer

Terakhir, cara menghilangkan kutu kasur dengan cepat dan mudah adalah menggunakan Racoon Bed Bugs Killer. Obat ini sangat ampuh membasmi kutu busuk secara sistemik sehingga mereka tidak mampu lagi berkembang dan musnah.

Racoon Bed Bugs Killer adalah obat anti kutu yang memang diformulasikan untuk kasur sehingga tetap aman saat kita gunakan. Produk ini juga menjamin kasur Anda tetap bersih dari kutu dan serangga hingga 6 bulan ke depan.

Penggunaan produk ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu membuka penutupnya, lalu menyemprotkannya pada area kasur, lantai, hingga tembok di sekitar kasur. Jika sudah kering, Anda bisa menggunakan tempat tidur lagi dengan nyaman.

Kesimpulan

Kehadiran tungau atau kutu busuk sering kali tidak kita sadari sehingga dapat mengganggu aktivitas kita jika menimbulkan gejala seperti kulit gatal atau terbakar. Itulah kenapa kita harus selalu menjaga kebersihan tempat tidur kita.

Selain dengan membersihkan area kasur secara rutin seperti membersihkan sprei, mencucinya, hingga menjemurnya di bawah sinar matahari, Anda juga bisa membersihkan area tempat tidur dengan obat khusus seperti Racoon Bed Bugs Killer.

Oleh karena kasur adalah satu-satunya tempat yang akan bersentuhan langsung dengan tubuh kita, tentu Anda tidak akan membiarkannya jadi sarang kutu bukan? Maka dari itu, cara basmi kutu busuk di atas perlu Anda terapkan dengan baik.