8 Jenis dan Ras Kucing Berbulu Tebal yang Cantik

Published On: December 6th, 2023|0 Comments|

Sebagai hewan peliharaan, ada beberapa jenis dan ras kucing yang memiliki tampilan begitu menarik. Salah satunya adalah jenis kucing dengan bulu yang tebal. Dengan bulu tebal, kucing tersebut jadi terlihat cantik saat berjalan dan nyaman saat kita peluk.

Jika Anda sangat menyukai hewan peliharaan satu ini, tentu Anda perlu mengetahui apa saja jenis atau ras dari kucing yang memiliki bulu tebal dan cantik.

Setelah mengetahui apa saja jenis-jenis ras kucing berbulu tebal, Anda tentu tidak bingung lagi saat ingin mengadopsi kucing tersebut sebagai peliharaan. Untuk itu, mari simak pembahasan singkatnya berikut ini.

Jenis dan Ras Kucing Berbulu Tebal

Kucing berbulu tebal hanya bisa kita dapat dari jenis atau ras tertentu. Untuk mengetahui apa saja jenis kucing yang memiliki karakteristik bulu tebal, langsung saja simak daftar berikut ini:

1. Maine Coon

Jenis kucing berbulu tebal yang pertama berasal dari jenis Maine Coon. Kucing Maine Coon sendiri merupakan salah satu ras kucing besar yang berasal dari Amerika Serikat. Mereka dikenal dengan tubuh besar, bulu tebal, dan ekor yang panjang. 

Kepala kucing ini juga besar dengan telinga berbentuk segitiga. Ia juga memiliki mata besar dengan bulu lebat di sekitar leher. Ras ini juga terkenal dengan sifatnya yang ramah, cerdas, dan bersahabat dengan manusia atau hewan peliharaan lainnya.

2. Persia

Jenis dan ras kucing berikutnya adalah Persia. Ras ini berasal dari Iran (dahulu disebut Persia) yang memiliki ciri khas bulu panjang, lebat, dan juga halus. Kucing ini dikenal dengan karakter cukup tenang, ramah, dan suka beristirahat. 

Cara perawatan bulu kucing Persia sangat memerlukan perhatian khusus, termasuk menyikatnya secara teratur untuk mencegah bulu-bulunya kusut dan menjaganya agar tetap bersih setiap saat.

3. Ragdoll

Sama seperti Maine Coon, Ragdoll juga merupakan ras kucing yang berasal dari Amerika Serikat. Salah satu daya tariknya adalah sifatnya yang tenang, lembut, dan suka membiarkan tubuhnya lemas seperti boneka saat kita mengangkatnya.

Kucing Ragdoll memiliki mata berwarna biru yang cantik sehingga terlihat menarik saat kita pandangi. Meski begitu, bulu kucing ini sangat mudah rontok sehingga kita harus selalu menyisir dan membersihkannya. 

Jika kita biarkan, kucing ini cenderung menjilati bulunya sendiri sampai tertelan sehingga bisa membentuk gumpalan hairball di dalam pencernaannya. 

4. British Shorthair

Seperti namanya, British Shorthair adalah jenis dan ras kucing dengan bulu pendek yang berasal dari Inggris. Ras ini terkenal dengan bentuk mukanya yang bulat, hinduk pesek, dan kulit berwarna abu kehitaman yang halus.

Meskipun memiliki tampilan yang gagah, British Shorthair tidak begitu aktif dan cenderung suka bersantai. Dengan sifatnya yang mudah beradaptasi, kucing satu ini menjadi pilihan populer sebagai hewan peliharaan.

5. Himalaya

Kucing Himalaya adalah salah satu varietas atau subras dari kucing Persia yang merupakan perpaduan dengan kucing Siam. Mereka memiliki tubuh yang besar, bulu yang panjang dan lebat, serta wajah datar yang mirip dengan Kucing Persia.

Anda perlu merawat bulunya secara berkala untuk menjaga keindahan bulu panjangnya serta menghindari kusut. Kucing Himalaya sering dianggap sebagai kucing peliharaan yang menawan dan penyayang, cocok untuk kehidupan di dalam rumah.

6. Ragamuffin

Kucing Ragamuffin merupakan salah satu ras kucing yang relatif baru dan berasal dari Amerika Serikat. Mereka memiliki tampilan tubuh besar dan berotot dengan bulu yang panjang, lebat, dan halus. Bulu yang lebat di bagian ekor juga menjadi ciri khasnya.

Jika Anda berpikir bahwa jenis dan ras kucing ini mirip dengan Ragdoll, maka itu adalah benar. Kucing Ragamuffin dan Ragdoll memiliki banyak kesamaan karena keduanya berasal dari persilangan antara beberapa ras kucing yang sama.

7. Birman

Kucing Birman merupakan salah satu ras kucing yang berasal dari Asia Tenggara, khususnya Myanmar (dahulu disebut Burma). Hal ini tentu bisa Anda tebak dari penamaannya. 

Ciri fisik dari kucing ini adalah memiliki tubuh elegan, bulu lebat dan halus, serta mata yang besar dan juga biru. Birman tidak memiliki lapisan rambut bagian bawah sehingga bulunya cukup lembut dan tidak memerlukan perawatan yang rumit.

8. Anggora

Jenis ras kucing berbulu tebal yang terakhir adalah kucing Anggora. Ras satu ini sudah sangat populer di berbagai negara sebagai kucing peliharaan karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan.

Biasanya, kucing Anggora memiliki ciri tubuh ramping, telinga tegak, dan mata yang besar. Bulu mereka dapat bervariasi dari segi warna dan pola, mereka juga membutuhkan perawatan bulu secara intensif untuk mencegah kusut dan kotor.

Rawat Kucing dengan Produk Shampo Terbaik

Dari beberapa jenis dan ras kucing berbulu tebal di atas, hampir semuanya memerlukan perawatan bulu dan rambut. Tentu saja, Sudah menjadi kewajiban Anda sebagai pemilik untuk memberikan produk terbaik.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena kini sudah tersedia cara memelihara bulu kucing agar tetap bagus, yaitu dengan menggunakan Racoon Dry Shampoo & Parfume. Produk ini terbuat dari bahan yang lembut dan cocok untuk kucing-kucing Anda.

Salah satu kelebihan dari Racoon Dry Shampoo & Parfume ini adalah tidak perlu membilas setelah mengusapkannya ke tubuh kucing. Cukup keringkan dengan handuk, maka kucing Anda akan menjadi bersih dan juga wangi.

Apa jadinya jika bulu kucing yang sejatinya cantik harus kusut dan tak terawat? Tentu Anda tidak menginginkannya, bukan? Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki produk perawatan yang cocok untuk berbagai jenis dan ras kucing berbulu tebal.