TERNYATA ini nih, 3 Penyebab Furniture Kayu Kamu Jadi Lapuk dan Solusi Paling Ampuh untuk Mencegahnya

Published On: July 5th, 2021|0 Comments|

Penggunaan kayu di kehidupan sehari hari tentulah sangat beragam. Dari pembangunan rumah, interior furniture dan bahkan untuk membangun kuda kuda untuk atap kita. Mungkin terdengar jadul jika rumah masih menggunakan kayu dalam pembangunannya. Namun nyatanya, rumah modern pun sekarang banyak menggunakan kayu untuk sentuhan eksterior untuk memperlihatkan kesan sederhana dan minimalis.

Tapi dengan menggunakan kayu sebagai bahan untuk membangun rumah atau mempercantik rumah dari dalam dengan furnitur cantik, itu artinya anda sudah siap dengan masalah yang akan dihadapi kalau menggunakan kayu. Yaitu pelapukan kayu, jika hal ini sudah terjadi, mungkin anda perlu merogok kocek lebih banyak daripada saat anda membeli pertama kali. Kenapa? Karena mungkin anda perlu membongkar, menggantinya dan mencegah hal itu terjadi lagi, hal ini sangat mungkin terjadi jika salah satu penyebabnya masih ada di sekitar rumah anda.

Kalau begitu langsung aja kita simak 3 hal yang dapat menyebabkan terjadinya pelapukan kayu:

1. Tingkat Kelembaban

Angka Relative Humidity (RH) yang menunjukan kelembaban dapat menjadi acuan untuk mengetahui apakah lapuknya kayu kita dikarenakan kelembaban atau tidak. Karena dengan tingginya nilai (RH) kandungan air dalam udara lebih besar. Sehingga udara akan terasa lebih basah yang menyebabkan susunan partikel kayu akan berubah tak beraturan.

2. Jamur

Akibat kondisi lingkungan yang lembab, Jamur akan mudah untuk tumbuh pada kayu. Pori pori kayu akan mulai rusak dikarenakan akar jamur yang terus menerus tumbuh, dan jamur akan terus melakukan metabolismenya di atas kayu dengan mengeluarkan enzim. Dan perlahan kayu akan rusak.

3. Adanya Koloni Rayap

Binatang ini bisa dibilang adalah penyebab kayu lapuk paling meresahkan. Bagaimana tidak, binatang yang kecil ini hidup dengan berkoloni dan dapat memakan habis furniture anda. Coba bayangkan, ratu rayap dapat hidup hingga puluhan tahun dan akan terus menerus berkembang biak. Dari belasan menjadi puluhan
rayap, Ratusan rayap, ribuan rayap bahkan dapat mencapai jutaan rayap jika tidak diberantas.

Dengan jumlah yang sebanyak itu, sangat mungkin jika rayap dapat melahap habis kayu yang ada dirumah anda. Ini sering terjadi, semua kuda kuda rumah habis dimakan rayap. Jadi sangat tidak mengherankan jika kerugian yang dihasilkan oleh rayap dapat mencapai milyaran setiap tahunnya di Amerika Serikat saja.

Tips & Trick

Eits tapi tenang aja, kita akan bahas cara menghindari rayap,

yuk simak langsung cara menghindari hama berkoloni yang satu ini:

1. Gunakan Kayu Anti Rayap Yang Kokoh & Kuat

Cara ini merupakan salah satu cara yang cukup efektif, contoh kayu yang dapat digunakan adalah kayu ulin atau yang lebih sering dikenal sebagai kayu besi. Tipe kayu ini sangat kokoh dan keras sehingga rayap tidak menyukai kayu jenis ini karena sangat susah untuk dimakan oleh rayap. Namun, cara ini bisa jadi kurang menarik untuk masyarakat umum karena harganya yang tergolong mahal.

2. Hindari meletakkan kayu di atas permukaan tanah secara langsung

Jangan pernah meletakkan kayu di atas tanah. Karena rayap akan lebih mudah untuk menjangkau kayu yang anda letakkan di tanah. Kamu bisa menghindari ini dengan menaruh furnituremu diatas beton atau tanah yang sudah dilapisi karpet agar rayap tidak mudah untuk mencapai furniture anda.

3. Gunakan Pembasmi Rayap Komersil

Rumah kamu udah keburu diserang rayap? Gunakan pembasmi rayap komersil yang terbukti ampuh seperti ARAP Spray atau ARAP Termite Powder.

ARAP Spray adalah spray anti rayap dengan German Formula yang mudah digunakan dan efektif membasmi rayap hingga ke koloni dan ratunya.

Berwujud cair,memanfaatkan sifat kapilaritas larutan,zat aktif akan menyerap jauh ke dalam kayu dan bertahan selama 5 tahun. Tidak seperti debu, arap spray tidak beresiko terhirup ketika diaplikasikan ,lebih aman untuk keluarga.

Cara bekerja dari produk ini simple, kayu yang akan atau sudah menjadi sarang rayap dapat disemprotkan dengan cairan ARAP, dan kayu tersebut akan menjadi makanan beracun untuk rayap. Kayu tersebut pun akan dibagikan rayap pekerja ke seluruh koloni dan dalam waktu 2-7 hari seluruh koloni akan mati termasuk ratunya

ARAP Termite Powder berbentuk serbuk selulosa yang sudah direndam dalam German formula, Termite Powder cocok digunakan untuk membunuh rayap di tempat-tempat yang sulit terjangkau seperti di atas plafon atau sebagai umpan di taman atau halaman

Bekerja secara sistemik , ARAP Termite Powder tidak langsung membunuh rayap tetapi memberi waktu rayap pekerja membawa racun tersebut untuk di bagikan ke seluruh koloni. Serbuk tersebut akan dimakan dan membunuh koloni rayap sampai ke ratunya sehingga memberikan hasil yang jauh lebih efektif

Berikut adalah video yang akan menjelaskan efektivitas dari ARAP Anti rayap:

ARAP Spray: https://youtube.com/watch?v=sd1Q2nadfp4

ARAP Termite Powder: https://youtube.com/watch?v=_ueiccQixp0