Tanda-Tanda Rumah Anda Telah Menjadi Sarang Rayap

Published On: July 5th, 2021|0 Comments|

Kecil seperti semut, tapi kemampuan rayap menggerogoti rumah tidak dapat disepelekan lagi. Sebuah hasil studi mengatakan bahwa rayap pada rumah-rumah di Indonesia dapat mengakibatkan kerugian hingga triliunan rupiah setiap tahunnya. Bahkan pada 2015 sendiri, kerugian tersebut tercatat hingga 8,68 triliun rupiah di Indonesia. Kenali tanda-tanda berikut untuk tahu apakah hunian Anda telah menjadi rumah bagi hama pembawa rugi ini.

1. Adanya Rongga Yang Membentuk Jalur Terowongan Pada Dinding Rumah

Pernah melihat gundukan memanjang kecokelatan pada dinding rumah yang berongga menyerupai terowongan? Besar kemungkinan, itu adalah perbuatan pada para koloni rayap tanah atau subterranean  yang digunakan sebagai akses keluar masuk dan mendistribusikan hasil panen menggerogoti rumah Anda. Hal ini dikatakan sebaga strategi mereka agar tidak terlihat. Terowongan kecil ini terbuat dari puing-puing tembok yang, lumpur, debu, hingga kotoran mereka sendiri.

2. Berseraknya Tumpukkan Sayap Di Lantai

Rayap dewasa, entah jantan atau betina, secara natural akan memasuki fase aktif reproduksi dan berlomba-lomba mencari pasangan untuk menciptakan kloter koloni baru. Dalam fase ini, untuk mempermudah pergerakan, mereka umumnya akan terbang meskipun dengan sayap yang tergolong rentan patah. Karena itu, jika Anda menemukan banyak sayap-sayap transparan keruh di lantai rumah, itu bisa menjadi indikasi rumah Anda telah menjadi sarang dari koloni-koloni rayap.

3. Ditemukannya Gundukkan Kotoran Rayap

Usai menggerogoti dinding dan bagian serta perangkat rumah yang terbuat dari kayu, rayap umumnya akan meninggalkan kotoran atau feses yang menggunduk di lantai atau dekat dengan lokasi penyerangan oleh mereka. Dengan demikian, gundukan kotoran yang berbentuk serbuk dan berwarna cokelat ini di dalam rumah adalah indikasi kuat hunian Anda telah menjadi tempat bersarangnya sarap.

4. Dinding Terdengar Kopong

Rayap gemar menggerogoti tembok atau perangkat rumah lain, khususnya yang terbuat dari kayu. Dengan beberapa ketukan jari, Anda dapat menilai sendiri apakah rumah Anda telah menjadi korban rayap atau belum. Jika tidak terdengar kokoh dan ada indikasi dinding terdengar kopong, besar kemungkinan sedang ada koloni rayap yang aktif bersarang di hunian Anda.

5. Terdengar Bunyi ‘tap tap’ Serta Bunyi Yang Menyerupai Robekan Kertas

Rayap akan selalu aktif mencari celah baru untuk mereka gerogoti. Umumnya mereka akan berpencar dan ketika salah satu rombongan telah menemukan sasaran empuk, cara mereka memberikan sinyal ke koloni lebih besar adalah dengan menyundulkan kepala mereka ke permukaan hingga mengeluarkan bunyi tap tappada dinding. Usai berkumpul, mereka pun melakukan aksi mereka dan proses menggerogoti kerap hingga mengeluarkan bunyi seperti proses merobek-robek kertas.

Tapi Tenang Karena ada ARAP

Rumah kamu udah keburu diserang rayap? Gunakan obat rayap professional yang terbukti ampuh seperti ARAP Spray atau ARAP Termite Powder.

ARAP Spray adalah spray anti rayap dengan German Formula yang mudah digunakan dan efektif membasmi rayap hingga ke koloni dan ratunya.

Berwujud cair,memanfaatkan sifat kapilaritas larutan,zat aktif akan menyerap jauh ke dalam kayu dan bertahan selama 5 tahun. Tidak seperti debu, arap spray tidak beresiko terhirup ketika diaplikasikan ,lebih aman untuk keluarga.

Cara bekerja dari produk ini simple, kayu yang akan atau sudah menjadi sarang rayap dapat disemprotkan dengan cairan ARAP, dan kayu tersebut akan menjadi makanan beracun untuk rayap. Kayu tersebut pun akan dibagikan rayap pekerja ke seluruh koloni dan dalam waktu 2-7 hari seluruh koloni akan mati termasuk ratunya

ARAP Termite Powder berbentuk serbuk selulosa yang sudah direndam dalam German formula, Termite Powder cocok digunakan untuk membunuh rayap di tempat-tempat yang sulit terjangkau seperti di atas plafon atau sebagai umpan di taman atau halaman

Bekerja secara sistemik , ARAP Termite Powder tidak langsung membunuh rayap tetapi memberi waktu rayap pekerja membawa racun tersebut untuk di bagikan ke seluruh koloni. Serbuk tersebut akan dimakan dan membunuh koloni rayap sampai ke ratunya sehingga memberikan hasil yang jauh lebih efektif

Berikut adalah video yang akan menjelaskan efektivitas dari ARAP Anti rayap:

ARAP Spray: https://youtube.com/watch?v=sd1Q2nadfp4

ARAP Termite Powder: https://youtube.com/watch?v=_ueiccQixp0