7 Cara Basmi Rayap yang Mudah dan Alami

Published On: November 22nd, 2023|0 Comments|

Rayap di lingkungan rumah akan sangat mengganggu dan merugikan karena bisa merusak dinding dan perabot kayu. Apalagi rayap yang terus bereproduksi. Sehingga penting bagi Anda mengetahui cara basmi rayap yang mudah dan efektif.

Untuk mengatasi masalah rayap, pertama Anda perlu mengidentifikasi sumber masalah dan sarang utama rayap. Metode berikut membantu Anda mengetahui sarang hingga cara mengusir rayap. Alhasil rayap enggan bersarang di sekitar rumah!

7 Cara Basmi Rayap

Terdapat banyak cara untuk membasmi rayap, terutama cara-cara alami. Cara alami dipandang lebih aman, Anda bahkan mudah menerapkannya. Berikut cara membasmi rayap yang mudah dan alami.

1. Tutup Retakan pada Tembok Rumah

Tembok yang mengalami retak sering menjadi tempat tinggal bagi rayap dan semut. Alasannya karena keadaan di dalam tembok cenderung lembab dan hangat sehingga menjadi lingkungan yang ideal untuk sarang. 

Karena itulah Anda harus mengetahui cara membasmi rayap di tembok secara alami agar serangga tersebut tidak kembali dan merusak perabotan lainnya. Perhatikan setiap sudut rumah, terutama pada dinding, untuk memeriksa adanya retakan.

Seringkali, masalah semacam ini mungkin terabaikan atau dianggap remeh. Padahal memiliki dampak yang cukup signifikan.

Jika Anda menemukan retakan pada tembok, segera tutup menggunakan semen untuk mencegah agar rayap tidak menyebar ke bagian lain rumah. 

Retakan yang dibiarkan terbuka dapat menyebabkan tembok menjadi mudah lapuk dan berlumut. Akibatnya, tidak hanya rayap yang dapat mendiami area tersebut, tetapi juga organisme lain yang berpotensi merusak struktur bangunan rumah Anda.

Selain memeriksa tembok, perhatikan juga bagian keramik lantai di rumah Anda. Lakukan perbaikan segera jika ada bagian yang terbuka atau retak. Tujuannya untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan agar tidak menjadi tempat bersarang serangga.

2. Pastikan Dinding Berbahan Kayu Tidak Bersentuhan Langsung dengan Tanah

Rayap berasal dari dalam tanah tetapi cenderung mengonsumsi kayu dan membentuk sarang di dalamnya. Jika rumah menggunakan kayu sebagai bahan utama, Anda perlu berhati-hati terhadap potensi serangan serangga ini karena rumah kayu cenderung lebih rentan.

Untuk itu, cara membasmi rayap di tembok secara alami dan mencegahnya bersarang di rumah kayu adalah dengan membatasi akses serangga tersebut. Sebaiknya hindari agar dinding yang terbuat dari kayu tidak bersentuhan langsung dengan tanah. 

Salah satu caranya dengan menerapkan lapisan cat tembok yang tahan air atau melapisinya dengan semen. Tindakan ini akan menciptakan penghalang fisik antara dinding kayu dan tanah sehingga mengurangi risiko rayap merambat ke bangunan.

3. Rajin Menjemur Perabot Kayu dan Berbahan Kertas

Rayap tidak hanya merusak perabot kayu, tetapi juga dapat menyerang benda-benda berbahan kertas seperti buku, kardus, koran, dan lainnya. Selain menyebabkan kerusakan, barang-barang tersebut juga dapat mengeluarkan bau apek. 

Tips ampuh hilangkan rayap sebaiknya Anda mencoba mengurangi tingkat kelembaban dengan menjemur barang-barang tersebut. Cara efektif mengusir rayap adalah secara teratur menjemur perabot kayu dan barang berbahan kertas atau kain di tempat yang kering dan panas.

Perabot kayu seperti meja dan kursi serta kardus berisi buku, koran, dan sejenisnya, dapat dijemur di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Rayap tidak menyukai kondisi cuaca panas dan kering karena dapat mengakibatkan kematian perlahan.

Selain menjemur barang-barang dari rumah, sebaiknya Anda melanjutkan dengan membersihkan lantai dan area dinding. Gunakan cairan karbol yang memiliki aroma tajam untuk membasmi sarang rayap dan serangga lainnya.

4. Membersihkan Genangan Air

Selain mendirikan sarang di dinding dan kayu, rayap juga menyukai tempat-tempat lembab seperti genangan air dan tanah di halaman rumah. Oleh karena itu, cara basmi rayap tanah melibatkan upaya rutin membersihkan genangan air.

Terutama saat musim hujan, sebaiknya setiap hari Anda membersihkan genangan air. Tujuannya agar tidak menjadi tempat yang ideal bagi perkembangbiakan serangga pemakan kayu tersebut.

Agar tidak ada genangan air lagi, sebaiknya Anda membuat area resapan air yang efisien seperti selokan khusus atau kolam penampung. Jenis penampung air seperti ini tidak berpotensi menjadi genangan air selama musim hujan. 

Namun, tetap harus rutin membersihkannya. Dengan demikian, area resapan air tersebut tidak menjadi lingkungan yang mendukung perkembangbiakan berbagai jenis serangga.

5. Menurunkan Suhu dan Kelembapan Ruangan

Rayap termasuk dalam kategori hewan yang cenderung menyukai lingkungan lembab dan suhu yang hangat. Oleh karena itu, langkah lain untuk menjauhkan rayap adalah dengan mengatur suhu dan kelembaban dalam ruangan.

Hewan ini tidak menyukai kondisi yang terlalu panas, terlalu dingin, atau terlalu kering. Jika Anda menggunakan sistem pendingin udara (AC) sebaiknya mengatur suhu agar lebih sejuk dan kering. 

Anda dapat menyesuaikan pengaturan AC ke mode pengeringan (dry) dan menurunkan suhu ke tingkat paling rendah. Dengan begitu secara perlahan mengusir keberadaan hewan tersebut.

6. Menggunakan Air Cucian Beras

Bagi Anda yang sering memasak, mengolah nasi merupakan hal yang mudah. Biasanya setelah mencuci beras, kebanyakan orang membuang air bilasan tanpa berpikir lebih lanjut. 

Nah,, jika Anda sedang berupaya membasmi rayap, sebaiknya hindari langsung membuang air bilasan beras. Sebab, ada cara mudah basmi rayap menggunakan air cucian beras tersebut.

Cukup kumpulkan air bilasan beras yang sudah dicuci, lalu semprotkan pada area yang menjadi sarang rayap. Dengan melakukan hal ini, populasi rayap dapat berkurang secara bertahap dan membuatnya meninggalkan tempat tersebut. 

Metode membasmi rayap ini sangat sederhana dan ekonomis, bukan?

7. Memakai Kapur Barus

Lemari yang terbuat dari kayu cenderung menahan uap air sehingga rentan lembap. Pada akhirnya dapat menarik kehadiran rayap. Cara paling sederhana untuk mengatasi rayap di dalam lemari adalah dengan meletakkan kamper atau kapur barus di sekitar area tersebut.

Rayap tidak menyukai aroma yang kuat dan merasa terganggu oleh zat kimia naftalena yang terdapat dalam kapur barus.

Penggunaan kapur barus tidak hanya mampu mengusir serangga pemakan kayu seperti rayap, tetapi juga membuat serangga lain seperti kecoa enggan bersarang di dalam lemari tersebut. 

Selain itu, kapur barus juga berfungsi untuk mengurangi tingkat kelembaban dalam lemari. Alhasil kapur barus mampu mencegah pertumbuhan jamur.

Demikian serangkaian cara basmi rayap yang mudah, alami, dan efektif. Anda bisa mencobanya di rumah.

Jika ternyata cara tadi belum berhasil, Anda bisa mempertimbangkan produk Racoon ARAP Anti Rayap.

ARAP Racun Anti Rayap merupakan solusi cairan pembasmi rayap yang efektif. Produk ini bereaksi dengan cepat setelah disemprotkan ke area yang terkena rayap. Setelah penyemprotan, zat aktif dalam racun akan menetap dan membunuh setiap rayap yang bersentuhan dengannya.

ARAP Racun Anti Rayap dapat digunakan untuk membasmi berbagai jenis rayap, termasuk Rayap Kayu Kering, Rayap Kayu Basah, Rayap Putih, dan Rayap Tanah. 

Cara penggunaannya pun cukup mudah, yakni dengan menyemprotkan cairan ARAP ke sarang rayap, rayap yang terlihat, serta area lain yang ingin dilindungi.

Produk ini sangat cocok untuk digunakan pada dinding, pagar, teralis tangga, dan perabot besar lainnya. Dapatkan produknya sekarang!